Rabu, 06 Mei 2015

Teks Anekdot - SMA Negeri 65



Teks Anekdot

1.       Pengertian

Sebuah Cerita Singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasannya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang nyata untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum.

2. Ciri – ciri Teks Anekdot

Ciri umum :
1.      Partisipan
2.     Lucu
3.     Tujuan yang jelas
4.     Layanan umum
5.     Terkenal
6.     Sindiran
7.     Kritikan

Ciri kebahasaan :
1.      Konjungsi Temporal -> Menyatakan waktu
2.     Retoris -> Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban.
3.     Proses Material-> Keterangan Lampau
4.     Bermajas
5.     Intrinsik dan ekstrinsik ->nilai atau unsur pembangun

3. Struktur Teks Anekdot
  1. Abstraksi, adalah bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks. Biasanya menunjukkan hak yang unik yang akan terjadi dalam teks.
  2. Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan awal cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa itu terjadi.
  3. Krisis, adalah bagian dimana terjadi hal atau masalah yang menarik ataupun hal yang tidak biasa terjadi pada penulis atau tokoh cerita.
  4. Reaksi, adalah bagian bagaimana cara penulis atau tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis.
  5. Koda, adalah bagian dari akhir cerita unik tersebut. Bagian ini dapat berisi kesimpulan mengenai kejadian yang terjadi pada penulis atau tokoh cerita.
4. Anekdot Teks, contohnya :
Pengemis & Manager
(Anekdot dari sumber Anonim) 
Manager           : Pak, cape ya abis ngemis? Laper ya pak..?
Pengemis                    : Biasa aja tuh, hari ini saya sudah makan 3x koq
Manager           : Loh..? uangnya cuman buat makan bapak doang? Anak dan istri di rumah makan apa?
Pengemis                    : Kayak orang susah aja..! Tadi pagi saya sekeluarga abis ngerayain ulang tahun anak saya yang kelima di Mc. Donald bareng guru-guru & teman-teman sekolahnya. Siang ini istri dan anak saya barusan BBM saya, mereka lagi makan di Pizza HUT tau!
Manager          : (Manager sampai kebingungan) “Emank bapak ngemis 1 hari dapet brp..?”
Pengemis                    : Nih ya.. Saya kasi tau..!! Saya ngemis dari jam 07.00-17.00. Lampu merah atau hijau waktunya 60 detik. Setiap 60 detik paling nggak saya bisa dapet Rp 2.000. 1 jam = 60 kali lampu merah Hijau, berarti 60 x 2.000 = 120.000 /jam 1 hari saya kerja 10 jam, 1 jam buat istirahat jadi 9 jam. 9 jam x 120.000 = 1.080.000/hari. 1 bulan saya kerja 26 hari.26 hari x 1.080.000 = 28.080.000/bulan
(Manager sampai kaget dan bengong mendengar cerita pengemis itu)
Pengemis                   : Emang mas jadi manager, gaji per bulannya brp..?
Manager           : 6.000.000 
Pengemis                    : Ijasah..?
Manager           : S-2
Kata kunci :
  1. Abstraksi    : Pembukaan/gambaran umum
  2. Orientasi   : Latar belakang peristiwa
  3. Krisis          : Masalah
  4. Reaksi         : Penyelesaian masalah
  5. Koda            : Kesimpulan

Power Point Teks Anekdot

 


Video Anekdot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKS PROSEDUR KOMPLEKS - SMA N 65

TEKS PROSEDUR KOMPLEKS Pengertian  Merupakan jenis teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang...